Multimedia Dalam
Pendidikan
Pengembangan
ilmu pengetahuan yang pesat saat ini telah melahirkan berbagai jenis teknologi
informasi dan komunikasi. Teknologi tersebut diterapkan dalam berbagai
kehidupan, diantaranya bidang pendidikan yang diterapkan secara integritas.
Teknologi pendidikan diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan seperti,
pendidikan jarak jauh, pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, dan
peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai jenis sumber belajar. Semuanya
itu bertujuan untuk memasyarakatkan pendidikan sehingga semakin ekstenif dan
intensif.
Dalam
melaksanakan kegiatan belajar sehari-hari, guru dan pembelajar membutuhkan
alat-alat pelajaran. Alat pelajaran adalah alat-alat yang dipakai untuk
kegiatan sehari-hari di kelas. Sumber belajar diartikan sebagai segala sesuatu
yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar. Sumber belajar ada
dua, yaitu sumber belajar yang dirancang dan sumber belajar yang dimanfaatkan.
Penggunaan Multimedia
Sedemikian
populernya ppenggunaan multimedia pada saat ini, namun untuk memproduksi serta
menggunakannya diperlukan pertimbangan tertentu karena membutuhkan waktu, usaha
keras, dan biaya. Oleh karena itu, KO & Rossen (2001) memberikan beberapa
pertimbangan kapan multimedia digunakan dan kapan pula ditolak.
Kapan Multimedia Digunakan
Mengilustrasikan
bagaimana mekanisme seseuatu itu bekerja, sering yang ditampilkan adalah subjek
abstrak yang memerlukan penjelasan proses bagaimana sesuatu itu bekerja. Mengklarifikasikan
atau menekankan konsep-konsep abstrak yang kompleks sering sukar diingat oleh
pelajar. Untuk mengilustrasikan materi yang tidak familiar. Apakah guru akan
menghadapi konteks historis dan fogografis, ekologi, identifikasi suatu
organisme, struktur atau cara bekerja sesuatu? Dengan menggunakan media grafis dan
animasi dapat meningkatkan pemahaman pelajar.
Kapan Menolak Multimedia
Dukungan
institusi. Bila dosen berusaha untuk menunjukkan kemampuannya dengan mengadakan
riset sendiri, dan institusi tidak memberikan kompensasi atas usaha tersebut,
dan jelas yang bersangkuta akan membatasi sesuatu yang ambisius itu.
Relevansi
materi. Penggunaan animasi atau video yang digunakan untuk mengekspresikan
konsep atau bidang studi yang dicoba untuk diilustrasikan sering tak membantu
pemahaman materi, bahkan membingungkan.
Ketersediaan
materi apapun. Dengan mendapatkan materi apa saja di website anda tidak perlu
membuang-buang waktu menciptakan materi multimedia.
Aksesibilitas
materi. Sebelum memperoduksi unsur multimedia yang kompleks, pertimbangkan
apakah pelajar mungkin dapat mengakses dengan mudah dari komputer yang tersedia
dirumah, juga didukung oleh modem yang canggi
Berikut ini
adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia membuat pelajar
mengerti isi pelajaran
b. Multimedia membuat siswa
mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c. Multimedia menyampaikan isi pelajaran
dengan canggih dan berkesan
d. Multimedia mampu menjadi
sumber pengetahuan
e. Multimedia mampu mencari
hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f. Multimedia mampu menunjukkan
dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g. Multimedia kaya dengan
berbagai aktivitas pembelajaran
h. Multimedia mampu menghibur
selama proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya
interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j. Multimedia memberi peluang
kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k. Multimedia membuat proses
belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l. Multimedia memudahkan
pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih
bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri
sendiri
m. Multimedia mengajari setiap
siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n. Multimedia menggalakkan
pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o. Multimedia memudahkan
pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p. Multimedia memudahkan siswa
mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q. Siswa dapat memilih bahan
pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan
kehendak sendiri.
1.http://dannyonggo.blogspot.com/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
2.http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf
3.http://ihashimi.aurasolution.com/aplikasi_multimedia_dalam_pendidikan.htm
4.http://cepiriyana.blogspot.com/
5.http://mzarkasi.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia.html
6.http://himcyoo.wordpress.com/2012/06/07/penggunaan-multimedia-dalam-pembelajaran/
7.http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/multimedia-dalam-pendidikan.html
8.http://www.slideshare.net/SitiZulaikhaSalleh/bab9-multimedia-dalam-pendidikan
9.http://www.m-edukasi.web.id/2012/06/unsur-multimedia-dalam-pembelajaran.html
10.http://stiebanten.blogspot.com/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar